Minggu, 24 Maret 2013

Membuat Driver Motor dengan IC L293D


Kawan-kawan pendekar solder kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit ilmu, yaitu sebuah rangkaian untuk mengontrol motor DC, Rangkaian ini biasa disebut dengan driver motor. Didunia elektronika driver motor ini lumayan penting ketika kita akan merancang sebuh system yang memerlukan mekanik. 

Kalo ada yang nanya apa saja yang bisa dikerjaain driver motor untuk mengontrol motor ? 
Maka setahu saya, hanya ada 3: 
- Mengontrol motor berputar searah jarum jam. 
- Mengontrol motor berputar berlawanan jarum jam. 
- Mengontrol kecepatan putar motor.

Gambar: Bentuk Fisik IC L293D
Sebenarnya Ada beberapa cara untuk membuat driver motor, kita bisa membuat dengan menggunakan transistor, mosfet, relay dan IC. Untuk sementara ini saya tidak akan berbagi semuanya dulu insyaallah dilain kesempatan saya akan coba postingin semuanya. 

Kali ini yang akan kita buat adalah driver motor menggunakan IC L293D. IC L293D biasa digunakan untuk mengendalikan 2buah motor DC. IC ini juga sering disebut H-bright driver motor DC. IC L293D dirancang untuk mengendalikan 2 motor DC dengan 2 arah putaran dan kecepatan putar motor, untuk gambar skematiknya seperti dibawah ini.

Gambar : Konfigurasi Driver Motor DC Menggunkan IC L293D 

Prinsip kerja driver menggunakan IC L293D adalah Pin EN1 adalah pin untuk mengenablekan motor 1 (ON / OFF) biasanya Pin EN1 dihubungkan dengan PWM untuk mengontrol kecepatan motor. Sementara untuk EN2 fungsinya sama dengan EN1 bedanya EN2 untuk mengontrol motor DC 2. 

Sementara untuk mengontrol arah putar motor saya tamplikan dalam table seperti berikut: 



Jika IN1 diberi logik 1 dan IN2 diberi logik 0, maka motor A akan berputar kebalikan arah jarum jam. Dan sebaliknya jika IN1 diberi logik 0 dan IN2 diberi logik 1, maka motor A akan berputar searah jarum jam. Jika memberi logik 1 atau 0 pada IN1 dan IN2 bersamaan, Motor A akan berhenti (Pengereman Secara Cepat).  Begitu juga dengan motor B. Sementara untuk mengatur kecepatan motor adalah dengan mengatur input dari enable 1 (pin1) dan enable 2 (pin9) menggunakan PWM (Pulse Width Modulation). 

46 komentar:

  1. kalau menjalankan 4 motor DC berarti icnya kita harus punya 2 ya mas...? saya menggunakan DB25

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul mas kalo menggunakan 4 motor dengan arah putar CW dan CCW harus menggunakan 2 buah IC, dengan input data 12 pin..

      Hapus
    2. maksudnya input data 12 pin itu gimana mas aris??

      Hapus
    3. maksudnya untuk memprogram 1 motor membutuhkan 3 inputan (lihat seperti gambar di atas) Contoh input untuk motor 1 ada IN1, IN2 dan EN1. jadi untuk mengontrol 4 motor = 3pin x 4 buah motor = 12 Pin.. saya kira begitu mas...

      Hapus
  2. coba mas liat rancangan saya seperti ini mas http://www.facebook.com/photo.php?fbid=578417708849971&set=a.435370893154654.103192.100000452419820&type=1&theater

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dilihat dari gambar.. fungsinya motor DC berarti untuk membukan dan menutup keran air.. kita bisa saja yang pin EN1nya tidak dikontrol jadi yang dikontol hanya IN1 dan IN2nya.. jadi untuk 1 motor membutuhkan 2 input for all = 8 Pin inputan.. mungkin begitu bang aref

      Hapus
    2. oke mas saya mulai paham ntar saya coba kerjai langsung project tugas akhir saya ini, dan terimakasih banyak atas sharingnya ya mas aris munandar .

      Hapus
    3. Oke mas, sama-sama... semoga sukses tugas akhirnya...

      Hapus
  3. bisa minta tolong kasih file simulasi dan coding programnya gak mas??
    masih rada bingung nih mas :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas, untuk sementara ini saya belum bisa ngasih file programnya,,,, karena masih belum kepegang.. insyaallah lain kali saya share...
      kalo mas mau coba bikin sendiri silahkan perhatikan kembali tabel logikanya untuk arah putar motor, kalo seandainya belum bisa membuat PWM jangan dulu menggunakan PWM,, langsung saja pada kecepatan maksimal dengan menyambungkan pin EN1 dan EN2 ke 5V.

      Hapus
  4. mas namaku alex,, terimakasih banyak untuk semua ilmunya,,, blog mas sangat inspirasi. mas kalau boleh aku minta program tulisan berjalan dan skemanya ya,, ini emailku: alkuxander@yahoo.com. thanks mas. salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. displaynya dalam media apa mas, LCD atau apa? mungkin bisa lebih jelas?...

      Hapus
  5. Terima kasih atas ilmunya mas. saya ingin membuat motor DC dengan kecepatan maksimal. Ap bisa EN1 dan EN2 saya smbungkan ke PB1 dan PB2 ATmega 8?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama -sama semoga bermanfaat, pada prinsipnya rangkaian driver motor bisa dikontrol menggunakan mikrokontroller jenis apapun, dan port berapa saja. jadi jika mas mau menggunakan atmega8 untuk kecepatan maksimal di PB1 dan PB2 bisa saja mas, namun jika mas mau mengontrol kecepatannya jika menggunakan PB1 dan PB2 mas harus membuat setingan PWM sendiri.. jika boleh saya menyarankan gunakanlah Pin yang sudah ada timer counter Internal (untuk membuat PWM) . saya kira begitu mas..

      Hapus
  6. mas klo mau ngendaliin dua motor DC dengan switch aja bisa nggak mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngendaliinnya gimana dulu mbak annisa?... kalau menurut saya sebetulnya bisa saja kalo fungsinya sederhana... kalo lumayan kompleks ya tinggal tambah rangkaian paling...

      Hapus
  7. mas numpang nanya ne....
    yg dimaksud motor tu dinamo y?????
    tx mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor maupun dinamo sama aja mas fungsi sebagai penggerak, dari energi listrik ke mekanik, kalau generator baru beda fubgsi sebagai pembangkit dari energi mekanik ke energi listrik

      Hapus
  8. mas, saya minta tolong bikin program cv avr buat putaran motor ketika push button ditekan, putar ke kanan bgtu pula kekiri samapi push button ditekan langsung STOP.. gimana mas ? mohon bantuannya mas, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang ebby, tombolnya ada 3 atau cuman 2 atau gmn?..
      coba aja buat menggunakan intruksi IF

      Hapus
  9. mas saya mau nanya itu diodanya pakai yg type apa dan fungsinya disana apa?? trus klw di rangkain aslinya gak pake dioda bisa jalan gak motornya?? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uuntuk dioda yang bisa menggunakan yang biasa aja, penggunaan diodanya sebenarnya disesuaikan dengan motornya, tapi kalau kang wanda mau buat motor DC 5/12 V bisa menggunakan yang 1 ampre (1N4007, 1N4004 dll) sudah cukup,
      fungsi dioda ini untuk menahan arus balik yang ditimbulakn dari putaran motor.
      untuk rangkaian yang tidak menggunakan dioda, pengaruhnya tergantung pada motor yang digunakan, untuk motor yang arusnya kecil mungkin tidak berpengaruh, tapi jika menggunkan motor dengan arus besar (putaran kencang) nanti akan mempengaruhi sistem, biasanya mikrokontroller akan meriset sendiri.
      saya kira begitu kang wanda, semoga bisa terbantu...

      Hapus
    2. saya pakai motor dc 5 v,,kira2 klw gak pake diode bisa jalan gak motornya tuh klw ic l293d?? thanks

      Hapus
    3. Kalo gulungan motornya standar harusnya bisa kang wanda, coba aja gak apa - apa..!

      Hapus
    4. Saya pake driver ini kalo dah muter g bisa dihentikan bang?

      Hapus
  10. kalo L293d di jalankan pakai arduino programnya gmna mas?
    kasi solusi nya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemograman di arduino sebenarnya sama saja.
      untuk pin IN1 - IN4 bisa menggunakan pin mana saja intruksinya programnya menggunkan digitalWrite(alamatpin,logicpin);
      sementara untuk pin enable1 dan 2 (PWM) disambungkan dengan pin khusus untuk pwm yaitu pin 3, 5, 6, 9,10,11 pada arduino uno atau duemilanove. intruksi yang digunakan menggunakan analogWrite(alamatpin, nilai pwmnya); saya kira begitu kang hafiz semoga bisa terbantu..

      Hapus
  11. Permisi mas, saya mau bertanya...

    saya kan punya driver motor L293D shield buat arduino, nah itu driver L293D bisa buat motor DC berapa volt mas? dan bisakah saya mengaktifkan 2 motor dan arduino hanya dengan 1 buah baterai kotak 9v?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk driver motor l293d range tengangan motor dari 4.5 sampe 36v, sementara arus maksimal 2A, jika arus terlalu besar driver motor jadi panas. untuk mengaktifkan motor dengan batre kotak, jika motornya 5volt bisa aja (tentunya teganganya diturunin dulu ke 5v). klo motornya 12v gak bisa. saya kira begitu kang semoga bisa terbantu...

      Hapus
  12. Maaf mas mau tanya. Saya ad ic ini, u/ mutar 1 mtor dc "dinamo tamya v2" nah stelah sya coba, kog kyak gk ngangkat g2 ya mas, jadi mtor gerak, tpi tdak berputar, dan ic jdi panas.y bukan main. Mohon bantuan.y.
    Nb: At8535, buzzer, sensor IR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk IC L293d hanya untuk arus kecil, jika mas brian menggunakan motor tamiya yang arusnya besar bisa menimbulkan panas pada icnya. saran saya jika motornya arusnya besar buat driver motornya menggunakan mosfet.
      semoga bisa terbantu..

      Hapus
  13. klau motornya 24 volt gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal ganti aja 12V dengan 24V kang, cuma driver motor ini hanya mampu mengangkat arus 1A, kalau lebih biasanya panas.

      Hapus
    2. program untuk arduino nya di share dong gan

      Hapus
    3. insyallah kalau senggang saya coba share kang..

      Hapus
    4. saya pakai sumber 24volt 700mA menggunakan 2 motor kok L293D nya kkebakar ?

      Hapus
  14. Menarik dan mudah dipahami artikelnya mas, saya ingin coba aplikasikan karena saya ada arduino uno nganggur di rumah, nanti misalnya ada kendala tolong dibantu mas.. tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kang dicoba.. semoga bermanfaat ilmunya...

      Hapus
  15. kang minta izin baca-baca ya>>

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kang... semoga bisa bermanfaat ilmunya.

      Hapus
  16. assalamualaikum, permisi kang, mau tanya. untuk driver motor l293d itu, sumber tegangan untuk dari motor, ngikut ke ic atau gimana kang? nuhun

    BalasHapus
  17. assalamualaikum mas,saya mau tanya bagaimana cara mengerakkan motor dc 12 volt

    BalasHapus
  18. wah sayang sekali saya bukan anak elektronika

    BalasHapus
  19. Saya baca judulnya kirain motor reguler yang biasa digunakan oleh masyarakat di Indonesia seperti Yamaha, honda, dll. tapi ternyata motor yang dimaksud adalah hal itu... itulah tandanya, saya ga ngerti elektro hehe

    BalasHapus
  20. Mas saya buat motor dc utk yg penambah kecepatan menggunakan penampil lcd nah tadinya bisa jalan tp sekarang kok error ya mas. Terus tampilan lcd yang tadinya bisa malah tulisanbya itu gak karuan. Tolong dibantu itu letak errornya gara2 apa ya?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar kawan - kawan, baik berupa pertanyaan ataupun saran yang sifatnya membangun. komentar kawan - kawan sangat berharga untuk kemajuan blog ini. kalau bisa mohon hindari penggunaan Anonim. Semoga bermanfaat untuk kita semua...
Terimakasih....