Rabu, 20 Juni 2012

Sistem Minimum Mikrokontroller AVR ATmega16


-->
Dalam Postingan kali ini saya ingin berbagi rangkaian yang sangat berguna bagi anda yang ingin belajar ataupun membuat system kontrol menggunakan Mikrokontroller AVR khusunya ATmega dari Atmel.
Rangakaian ini saya berinama “Sistem Minimum Mikrokontroller AVR ATmega16” sebenarnya system minum ini tidak hanya bisa digunakan untuk AVR atmega16 saja, tetapi dapat digunakan juga untuk mikrokontroller AVR lainya seperti ATmega8535, atmega8, ATmega32 dan lain-lain. Bagi anda yang ingin menggunakan mikrokontroller yang lain silahkan saja caranya tinggal mengganti IC ATmega16 dengan IC yang ATmega yang anda ingin gunakan.

Rangkaian selengkapnya adalah sebagai Berikut:
Gambar Sistem Minimum Mikrokontroller AVR Atmega 16L

 
Ada 3 bagian Penting yang perlu anda perhatikan dalam system minimum AVR ATmega16 ini:
1.  POWER SUPPLY
Power supply adalah sumber power / tegangan yang akan menghidupkan system minimum ini. Tegangan suplly yang dibutuhkan oleh system minimum ini sebesar 5V.
2.  CLOCK / Cristal
Clock / Cristal merupakan hal yang sangat perting juga dalam rangkaian system minimum karena bagian ini yang berfungsi memberikan clock untuk berjalannya transfer data.

3.  RESET
Rangkaian Riset berfungsi sebagai interrupt untuk set ke program awal. Ketika anda menekan tombol ini maka program akan berjalan lagi dimulai dari awal.

-->
Rangkaian ini saya buat menggunkan ISIS Proteus, Rangkaian ini dapat di simulasikan dengan menggunakan program, bagi anda yang ingin menggunakannya silahkan download sistem minimum mikrokontroller avr disini.



5 komentar:

  1. mas... posting sistim minimum atmega162 dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah mas, nanti saya postingin tapi untuk sekarang belum sempat.
      tapi kalo mas mau bikin, secara garis besar sih sama saja untuk keluarga AVR bedanya hanya pada jumlah port dan alamat kakinya saja mas ,

      Hapus
  2. untuk file dengan format .DSN itu dibuka menggunakan software ISIS PROTEUS,
    kalo mas mau buka silahkan instal dulu softwarenya, kalo belumpunya bisa donload dulu linknya ada di rubrik Software,
    Trskash

    BalasHapus
  3. mf bg masih pemula, saya sudah download file utk isis nya. ketika di execute muncul eror
    1. unable to open HEX file ...dst
    2. [AVR LOAD] no program code loaded
    3. real time simulation failed to start
    Tolong bantu bg, terima kasih

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar kawan - kawan, baik berupa pertanyaan ataupun saran yang sifatnya membangun. komentar kawan - kawan sangat berharga untuk kemajuan blog ini. kalau bisa mohon hindari penggunaan Anonim. Semoga bermanfaat untuk kita semua...
Terimakasih....