Selasa, 20 November 2012

Sejarah Singkat Lahirnya Bahasa 'C'



Sebelum kita belajar cara memogram menggunakan basaha C, ada baiknya kita tau terlebih dahulu sejarah terlahirnya bahasa C serta kepopulerannya dibidang industri software. Karena ada sebuah pribahasa yang mengatakan “takkenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta” semoga saja dengan mengtahui sejarah terbentuknya kita semakin mencintai dan mampu menguasai bahasa pemograman ini dengan baik kawan..

Lahirnya bahasa pemograman diawali  oleh terbentuknya bahasa assembly  yang dikembangkan oleh IBM dalam tahun 1956-1963. Bahasa ini termasuk dalam bahasa tingkat rendah (Low Level Language). Pada tahun 1957, sebuah tim yang dipimpin oleh John W. Backus berhasil mengembangkan sebuah bahasa pemograman baru yang lebih diarahkan untuk proses analisa numerik. Bahasa pemograman tersebut dinamai dengan bahasa FORTRAN (Formula Translation). Setahun kemudian yaitu pada tahun 1958 para ilmuwan komputer dari Eropa dan Amerika yang tergabung dalam sebuah komite menciptakan bahasa pemograman baru yang lebih bersifat struktural dan dinamkan bahsa ALGOL (Alghoritmatic Language). Kemudian pada tahun 1954, IBM kembali menciptakan bahasa pemograman baru dengan nama PL/I (Programing Linguage 1) yanglebih ditujukan untuk keperluan bisnis dan penelitian.
Tahun 1969 laboratorium Bell AT&T di Murray, New Jersey menggunakan basaha Assembly untuk mengembangkan sistem operasi Unix yang bertujuan untuk membuat program antarmuka yang bersifat programmer friendly. Setelah unix berjalan, lahirlah bahasa pemograman baru yang ditulis oleh Martin Richards dengan nama bahsa BCPL (Basic Combined Programming Language). Kemudian pada tahun 1970, seorang pengembang sistem dari laboratorium tersebut bernama Ken Thompson membuat bahasa B yang akan digunakan untuk menulis ulang sistem operasi UNIX. Nama ‘B’ ini konon diambil dari huruf pertama dalam kata BCPL. Karena alasan bahwa Bahasa B masih terkesan lambat, maka pada tahun 1971 seorang pengembang sistem bernama Dennis Ritchie, yang juga bekerja di laboratorium yang sama, menciptakan bahasa baru dengan nama ‘C’ yang bertujuan untuk menulis ulang dan menutupi kelemahan kelemahan yang ada pada sistem operasi unix sebelumnya. Menurut sumber yang ada, nama C ini juga konon diambil dari huruf kedua dalam kata BCPL.
Sejak itu bahasa C terus digunakan untuk memelihara sistem operasi Unix, sampai akhirnya pada tahun 90an, bahasa C ini digunakan mengembangkan operasi windows dan sekarang ini digunakan untuk mengembangkan sistem operasi Linux. Selain untuk menulis program yang merupakan embedded system, dikalangan industry hiburan, bahasa C juga banyak digunakan dalam mengembangkan perangkat lunak untuk permainan (Game). Hal inilah yang menyebabkan basaha C menjadi bahasa yang sangat popular dikalangan industri perangkat lunak (Software).    

Sumber: Pemograman C dam Implementasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar kawan - kawan, baik berupa pertanyaan ataupun saran yang sifatnya membangun. komentar kawan - kawan sangat berharga untuk kemajuan blog ini. kalau bisa mohon hindari penggunaan Anonim. Semoga bermanfaat untuk kita semua...
Terimakasih....