Minggu, 15 Februari 2015

CARA PROGRAM LCD SECARA SERI MENGGUNAKAN ARDUINO.



Selamat malam kawan pedekar solder semoga dalam keadaan sehat wal afiat,setelah absen cukup lama tidak sharing dengan kawan-kawan, rindu rasanya ingin berbagi, namun apalah daya harus menunggu sampai 2 bulan untuk bisa sharing lagi di leselektronika.com. mohon dimaklum karena 2 bulan kemaren disibukan dengan membantu beberapa kawan pendekar solder yang lagi mengurus skripsinya dan allhamdulillah sudah pada selesai dengan nilai cukup memuaskan.
Kawan pada kesempatan ini saya coba melajutkan postingan sebelumnya yaitu masih berkutat dengan LCD (Liguid Crystal Display) karakter 16x2. Bagi kawan – kawan yang belum membaca postingan sebelumnya dimohon untuk membaca terlebih dahulu, karena postingan ini lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu  “CARAMEMPROGRAM LCD KARAKTER 16X2 DENGAN ARDUINO”.

            Sharing kali ini yaitu bagaimana trik menggunakan LCD lebih dari satu, pada arduino?. Kawan terkadang dalam pembuatan project mikrokontroller kita bisa membutuhkan display lcd lebih dari satu, misalnya ketikan kita membutuhkan bayak display untuk menampilkan beberapa data dengan fungsi berbeda. Jika kita menggunakan arduino uno hanya memiliki io sebayak 20 pin. Tetapi rancangan yang akan dibuat membutuhkan 5 buah display dengan fungsi berbeda. Jika kita menggunkan teknik program seting lcd standar maka kita membutuhkan 5 lcd x 6 pin = 30 pin, yang artinya pin tidak mencukupi.   Bagaimana Caranya agar penggunaan pin ini lebih efisien sehingga untuk memprogram 5 buah lcd cukup dengan 1 buah arduino uno  saja?
Cara pemograman yang efisien adalah dengan menggunakan system pemograman secara seri. Artinya semua pin data untuk semua lcd berada pada pin sama (lcd 1 – lcd 5, menggunakan pin yang sama untuk data D4,D5,D6,7 dan RS) pin yang membedakan antara lcd 1 – lcd 5 adalah pin Enable (E). kenapa pin enable tidak digabung, karena pin enable ini yang akan memilih lcd mana yang dipilih ketika menuliskan sebuah program. Dengan teknik ini kita berarti untuk memprogam 5 buah lcd membutukan pin berjumlah 10 pin, yaitu :
4 pin  data (D4,D5,D6,D7)
1 Pin RS
5 pin Enable (enable lcd1 - lcd5).
Dengan teknik ini berarti kita menghemat 20 pin mikrokontroller, mantap ya kawan…. Hemat banget he….  
Untuk lebih jelasnya kita langsung ke contoh progamnya sebagai berikut :
#include
LiquidCrystal lcd1(6, 7, 5, 4, 3, 2);
LiquidCrystal lcd2(6, 8, 5, 4, 3, 2);
LiquidCrystal lcd3(6, 9, 5, 4, 3, 2);
LiquidCrystal lcd4(6, 10, 5, 4, 3, 2);
LiquidCrystal lcd5(6, 11, 5, 4, 3, 2);
int data=100;
void setup() {
  lcd1.begin(16, 2);
  lcd2.begin(16, 2);
  lcd3.begin(16, 2);
  lcd4.begin(16, 2);
  lcd5.begin(16, 2);
  lcd1.print("   TES LCD 1");
  lcd2.print("   TES LCD 2");
  lcd3.print("   TES LCD 3");
  lcd4.print("   TES LCD 4");
  lcd5.print("   TES LCD 5");
  lcd1.setCursor(0,1);
  lcd1.print(" LESELEKTRONIKA");
  lcd2.setCursor(0,1);
  lcd2.write(" ARIS MUNANDAR");
  lcd3.setCursor(0,1);
  lcd3.print("   DATA: ");
  lcd3.print(data);
  lcd4.setCursor(0,1);
  lcd4.print("   DATA: ");
  lcd4.print(data*2);
  lcd5.setCursor(0,1);
  lcd5.print("   DATA: ");
  lcd5.print(data*5);
 }
void loop() {
}
Untuk Skematik Hasil Simulasinya Sebagai Berikut:
 

Segitu dulu yah kawan, insyaallah di lain kesempatan dilanjut lagi sharingnya… semoga ini semua bisa bermanfaat untuk kita semua… amiin…
Haturnuhun, salam pendekar solder
Bagi Kawan – kawna yang mau download file simulasi + programnya silahkan disini.

10 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar kawan - kawan, baik berupa pertanyaan ataupun saran yang sifatnya membangun. komentar kawan - kawan sangat berharga untuk kemajuan blog ini. kalau bisa mohon hindari penggunaan Anonim. Semoga bermanfaat untuk kita semua...
Terimakasih....