Minggu, 29 Desember 2013

Adruino ?



Apa yang ada dipikiran kawan-kawan ketika mendengar kata “arduino”?.
 Apakah sebait kata yang sangat asing ditelinga kita, atau kata yang sering kita dengar tapi belum tahu apa itu sebenarnya, atau mungkin sudah tidak asing bagi kawan – kawan kerena sudah menjadi suatu hal yang biasa – biasa saja karena sering berkecimpung dalam kehidupan sehari-hari dengan arduino.
Bagi yang sangat asing dengan arduino saya akan mencoba berbagi sedikit informasi, semoga bisa keterima. He… "Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri". itu pengertian dari Wikipedia, kalau mudahnya adruino itu kit mikrokontroller AVR yang buat oleh arduino yang disertai softwar pemogramannya yang bersifat open source, bahasa pemrograman yang digunakan yaitu c++. Board kontroller arduino memiliki beberapa macam tentunya disesuaikan dengan kebutuhan user, untuk yang standard dan banyak dipasaran biasanya menggunakan Arduino UNO, Arduino Duemilanove atau Arduino Leonardo.

Yang paling menonjol dari hardware arduino (biasanya disebuat Shield) bentuknya yang unik, dengan standar soket sendiri yang telah disesuaikan dengan shield input maupun output.  Dengan menggunakan arduino kita tidak perlu susah- susah untuk wiring, tinggal ditumpuk – tumpuk antara shield dengan Arduino kontrollernya. Kelebihan yang lainnya jika dibandingkan kit-kit yang lain arduino ini memiliki sifat open source (terbuka) jadi kita akan dengan mudah menemukan skematik dan contoh – contoh programnya (biasa disebut sketch). Skematik ini sangat berguna jika kita mau membuat produk sendiri atau membuat pcb sendiri untuk project kita, Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penampakan software dan beberapa hardware arduino.


Gambar : Tampilan software ardunio

Gambar : Arduino UNO



Saya kira segitu dulu pengenalananya. Insyallah di lain kesempatan saya akan mencoba memberikan tutorialnya. 

- Untuk download Software Arduino klik disini.
- Untuk pembelian Arduino Shield disini. 


Maaf Sekalian promosi kawan, jika kebetulan kawan-kawan pendekar solder mau mencoba belajar arduino dan butuh shieldnya. silahkan cek aja di lapak saya (Gerai Kuring) disini he…. bangarkali harganya cocok dan bisa ngorder lumayankan ada pemasukan dikit buat beli pusla internet. Biar bisa ngeblog dan sharing dengan kawan -kawan… he… 

4 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar kawan - kawan, baik berupa pertanyaan ataupun saran yang sifatnya membangun. komentar kawan - kawan sangat berharga untuk kemajuan blog ini. kalau bisa mohon hindari penggunaan Anonim. Semoga bermanfaat untuk kita semua...
Terimakasih....